Rampungnya Tolak Bala 2020: Bersama-sama Menghalau Marabahaya

  • February 11, 2020

Rangkaian tradisi pembuka tahun keluarga besar Kadam Choeling Indonesia telah rampung dengan diselenggarakannya Puja Tolak Bala 2020 di Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya dan Dharma Center Kadam Choeling Bandung.

Puja Tolak Bala di Biara diselenggarakan pada tanggal 11-14 Februari 2020. Puja ini dipimpin oleh Sangha Monastik KCI dan diikuti oleh 20 peserta. Puja di Bandung diselenggarakan pada tanggal 14-16 Februari 2020 di aula Istana Payung Perak dan dihadiri oleh 91 peserta. Total nama dedikasi yang masuk dan dibacakan mencapai 1.208 nama. Ritual puja dan pengumpulan kebajikan yang dilakukan selama Tolak Bala 2020 antara lain:
> Guru Yoga Kepada Lama Tsongkhapa (Gaden Lha Gyama)
> Pujian Kepada Aryā Tarā (Drolma Korcey)
> Pujian Kepada 16 Arahat (Ney Cu Shug So)
> Puja 400 Persembahan (Gyashi)
> Permata Pengabul Harapan Ritual Inti Sutra Bhagawan Bhãişajyaguru
> Ritual Tahapan Menghalau Mara (Sernying Dudog)
> Puja kepada Para Pelindung Dharma (Segara Amerta)
> Puja Api Meningkatkan (Pauṣṭika Agnihotra Yajñā)
> Doa-Doa Dedikasi (Monlam)

Tahun 2020 ini diawali dengan berbagai kejadian besar yang melanda Indonesia dan dunia, mulai dari banjir bandang dan gempa bumi, isu peperangan, wabah COVID-19 dari Wuhan, dan sebagainya. Fenomena-fenomena ini mengingatkan kita akan pentingnya kebajikan kolektif agar kita dapat terlindung dari marabahaya. Puja Tolak Bala di tahun 2020 ini pun menjadi istimewa karena merupakan kesempatan langka untuk berkumpul dan menghimpun kebajikan kolektif dalam skala besar.

Mari bermudita cita atas kebajikan yang kita buat bersama di Pujak Tolak Bala 2020. Semua kebajikan ini kita dedikasikan untuk umur panjang, kesehatan, dan aktivitas Guru Dagpo Rinpoche, Y. M. Biksu Bhadra Ruci, dan semua guru spiritual, berkurangnya wabah penyakit dan bencana, perdamaian dan kesejahteraan Indonesia dan dunia, kebahagiaan semua makhluk, dan tentunya kemajuan batin serta praktik spiritual kita semua.

Klik di sini berikut, untuk melihat lampiran daftar nama dedikasi Tolak Bala 2020:

DEDIKASI Tolak Bala 2020