Logo WW
 

WWF ​atauWidya Wantilan Foundation yang dibentuk pada tahun 2007 atas prakarsa Y.M. Suhu Bhadra Ruci. Widya Wantilan berasal dari Bahasa Sansekerta yang dapat diartikan sebagai suatu wadah pengelolaan pengetahuan Buddha Dharma menjadi wujud aktivitas nyata, khususnya dalam bidang konservasi binatang langka dan lingkungan hidup.

 

Visi WWF

“Menjaga kelestarian flora dan fauna keanekaragaman hayati Indonesia, dengan tetap berlandaskan kepada prinsip-prinsip Buddha Dharma”.

Misi WWF:

a.    Meningkatkan kepedulian para anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terhadap lingkungan  hidup.

b.    Menerapkan nilai-nilai Buddhis dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup sebagaisalah satu metode praktik Dharma.

 

Makna Logo

Lambang burung menunjukkan kegiatan fang sen yang menjadi rutinitas WW. Sedangkan pohon yang digambarkan di dalam hati menjadi symbol lingkungan. Sehingga kegiatan WW tidak hanya ditujukan untuk aktivitas Dharma tetapi juga aktivitas lingkungan. Tangan melambangkan bahwa kedua jenis aktivitas dilakukan oleh manusia sebagai makhluk yang berakal, berbudi serta alturistik. Dengan nilai-nilai tersebut, manusia memanfaatkan dengan sebaik-baiknya aktivitas Dharma dan lingkungan untuk melakukan hal-hal yang positif. Simbol hati melambangkan sifat alutistik dari manusia.

 

Widya Wantilan mempunyai program rutin yang sering dilakukan, program rutin ini biasanya diadakan setiap bulan, di hari besar agama Buddha maupun momen penting lainnya seperti ulang tahun, anggota keluarga/kerabat sakit atau meninggal. Adapun program Widya Wantilan yang telah disusun,yaitu:

  1. Fang s​h​en (kegiatan pelepasan makhluk hidup berupa fauna  ke alam bebas).
  2. Pemberian makanan kekebun binatang (sebagai bentuk kepedulian dan membantu pelestarian hewan langka).
  3. Pemilahan sampah (menjaga lingkungan agar tidak tercemari oleh sampah yang dicampur).
  4. Program penghijauan (mengingat pelestarian hutan dan global warming yang membumi).
  5. Pelestarian flora dan fauna (pelestarian tumbuhan dan hewan yang terancam punah).
  6. Kampanye lingkungan dan bahaya global warming.

 

Beberapa program Widya Wantilan telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulannya, program ini disusun berdasarkan visi dan misi Widya Wantilan sendiri. Kegiatan yang menjadi kegiatan rutin WWF yaitu fangshen. 

Apa itu fangshen?

Fang Shen merupakan salah satu cara untuk purifikasi karma buruk. Dalam hal ini, misalnya pada kehidupan yang sekarang ataupun pada kehidupan yang lampau, kita tidak terlepas dari karma buruk ​membunuh. Oleh karena itu dalam usaha untuk mempurifikasi karma buruk yang telah terhimpun sejak kehidupan-kehidupan lampau kita tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan hal yang sebaliknya yaitu Fang Shen.

​Mengapa bisa demikian? Dengan melakukan FangShen kita mengumpulkan energi positif dan kebajikan dari niat menolong makhluk lain, membebaskan mereka dari penderitaan karena ketakutan, melepaskan mereka ke alam bebas dan memperpanjang hidup makhluk lain.

Kebajikan yang diperoleh dari kegiatan ini dapat didedikasikan untuk umur panjang bagi guru-guru spiritual, ​perluasan penyebaran Dharma, kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia serta sebagai salah satu sarana untuk praktik Dharma bagi seluruh praktisi Dharma.

 

FB : https://www.facebook.com/widya.wantilan
CP : Nurin Nisful Laila
Call Center KCI : 0815 732 10000
Email : widyawantilan@kadamchoeling.or.id

Berita Widya Wantilan

Hari Ulang Tahun Bersama Widya Wantilan

- Selamat Ulang Tahun buat Rika Lenawaty - Terima kasih telah melakukan FangShen bersama Widya Wantilan. Dan

27 05 2015 READ MORE
LIHAT BERITA WIDYA WANTILAN LAINNYA