Kebajikan dalam Untaian Doa 2020: Jangan Biarkan Galau Melanda

  • December 25, 2020

KAMIS, 24 Desember 2020–Kebajikan dalam Untaian Doa bagi yang Beruntung, acara pengumpulan kebajikan daring yang diselenggarakan oleh Kadam Choeling Indonesia, telah resmi dimulai. Acara diawali dengan berbagai persiapan seperti penyusunan persembahan kepada Triratna di Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya dan pembangkitan motivasi oleh Y.M. Biksu Bhadra Ruci pada malam harinya.

Y.M. Biksu Bhadra Ruci mengingatkan kita semua untuk berterima kasih karena di tengah keadaan pandemi seperti ini kita masih bisa berkumpul, melakukan puja, dan mendengarkan Dharma berkat berkah dari para Guru spiritual

Semua makhluk tidak ingin menderita, tapi saat ini kita semua mengalami penderitaan dan ketidaknyamanan akibat pandemi. Meski kebutuhan fisik kita terpenuhi oleh berbagai teknologi, Y.M. Biksu Bhadra Ruci mengingatkan bahwa penderitaan mental justru akan semakin dominan. Beliau mengatakan bahwa kita harus berusaha mengatasinya dengan mencari tahu sebab penderitaan dan melatih batin kita agar bisa toleran terhadap kondisi yang tidak menyenangkan.

Y.M. Biksu Bhadra Ruci menutup pembangkitan motivasi pada malam hari ini dengan beberapa pesan. Dalam beberapa hari ke depan, kita diharapkan dapat duduk dengan baik, membangkitkan motivasi baik, mengingat apa saja yang telah kita lalui, dan menyadari kita dapat menjadi lebih baik berkat jasa para guru spiritual.

Melalui acara ini, penyelenggara berharap semua peserta bisa menumbuhkan pemikiran untuk berusaha mengubah batin menjadi lebih baik dengan Dharma dan semua pengumpulan kebajikan yang akan kita lakukan dan dedikasikan dalam rangkaian acara ini dapat mendukung kesehatan serta umur panjang para Guru Dharma yang telah mercusuar bagi gelapnya samsara.

Usai pembukaan, acara pada tanggal 25-31 Desember 2020 akan diisi dengan berbagai puja online yang dipimpin oleh Sangha KCI dari Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya serta siaran pengajaran Dharma oleh Y.M. Drepung Tripa Khenzur Rinpoche yang difasilitasi oleh Yayasan Pelestarian dan Pengembangan Lamrim Nusantara. Pada 1 Januari 2021, acara akan ditutup dengan pelepasan dan penyelamatan hewan (fangsheng) di cabang-cabang Dharma Center KCI.