Peringatan 6 Tahun Dhammacakkapavatana di Biara

  • January 11, 2021

Hari Minggu, 10 Januari 2021 adalah peringatan enam tahun Dhammacakkapavatana–pemutaran roda Dharma pertama–di Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya. Pada tanggal 10 Januari 2015 lalu, Guru Dagpo Rinpoche memberikan transmisi sutra dan tantra berikut beberapa nasihat di lahan Biara kepada Sangha monastik dan awam.

Kala itu, bangunan-bangunan di Biara belum berdiri. Rinpoche mengajar di atas takhta batu. Seorang murid dengan penuh bakti memayungi Beliau dari terik matahari. Para umat duduk beralaskan tikar di atas tanah yang masih berbatu. Namun, semua khusyuk mendengarkan Dharma sambil menahan air mata haru.

Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya merupakan satu-satunya Biara di Asia Tenggara yang mewarisi ajaran Sutra dan Tantra secara utuh. Dhammacakkapavatana di Biara pun menjadi momen bersejarah yang secara resmi mengukuhkan Biara sebagai tempat para ahli waris Dharma bertumbuh.

Biara harus berdiri agar Sangha Monastik dapat mempelajari Dharma, khususnya Lamrim, dengan fokus penuh tanpa distraksi. Mereka pun akan meraih realisasi: pemahaman dan pola pikir yang betul-betul sesuai dengan Dharma. Dari realisasi itu, mereka pun dapat membagikan Dharma ke seluruh penjuru. Demikianlah Biara menjaga Dharma tetap lestari.

Sangha KCI mengikuti siaran pengajaran Dharma oleh Y.M. Drepung Tripa Khenzur Rinpoche di Aula Sasana Sri Maha Karuna Prabha Gumelar pada 25 Desember 2020 – 01 Januari 2021

Berkat dukungan dari banyak orang, Biara ini bisa berdiri dan menjadi salah satu penopang Buddhadharma di Nusantara. Setelah lima tahun berselang, pembabaran Dharma dapat diadakan di joglo yang bersahaja namun penuh wibawa. Sangha monastik dapat tinggal di kuti yang layak, tak lagi singgah di rumah bedeng sementara.

Terima kasih kepada para Guru Spiritual, Triratna, dan semua pihak yang telah mendukung Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya. Semoga Biara dapat terus berdiri tegak dan menggaungkan Dharma yang luhur demi kebahagiaan semua makhluk untuk waktu yang lama.

 

Untuk informasi lebih lanjut seputar Biara, silakan menghubungi
Facebook/Instagram: @kcimonastery
Berita Bajik Biara: +62811-2195-678

Lokāḥ Samastāḥ Sukhino Bhavantu,
Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya
Kadam Choeling Indonesia