Kebajikan Dalam Untaian Doa Bagi Yang Beruntung

Laporan Kegiatan – Kebajikan Dalam Untaian Doa Bagi Yang Beruntung

  • March 15, 2021

Penyelenggaraan Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung

Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung merupakan kegiatan pengumpulan kebajikan secara ekstensif. Pada kegiatan ini, peserta diajak untuk melantunkan untaian-untain doa sebagai bentuk rasa terima kasih kepada para Guru dan Buddha karena kita masih memiliki kesempatan untuk praktik Dharma dengan baik. Selain itu, bentuk terima kasih ini juga dipertuntukkan atas kondisi-kondisi positif yang masih bisa kita dapatkan, serta kita juga doakan alam semesta, bumi pertiwi, dan semua makhluk di seluruh penjuru dunia agar pulih dan lebih berbahagia.

Acara ini dapat dilaksanakan atas berkah dan kebaikan hati dari Y.M. Biksu Bhadra Ruci, yang diselenggarakan pada:

Waktu: 24 Desember 2020 – 1 Januari 2021

Diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom

Penyelenggaraan Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung selama 9 hari meliputi tiga sesi per hari. Sesi pagi diisi dengan pengumpulan kebajikan melalui puja Enam Praktik Pendahuluan. Sesi siang diisi dengan pengumpulan kebajikan berupa melantunkan puja Tara Hijau/16 Arahat dan Permohonan Umur Panjang Guru-guru. Lalu, sesi ketiga dilanjutkan dengan mendengarkan siaran pengajaran Dharma oleh Y.M. Drepung Tripa Khenzur Rinpoche dengan topik “Karma & Akibatnya” dan “4 Segel Agung Dharma”.

Peserta Acara Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung

  • Acara Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung terdiri dari 458 peserta yang terdaftar dan berasal dari 21 provinsi yang tersebar di Indonesia, Singapura, Moscow, Jerman, India, serta Malaysia.
  • Persentase peserta berdasarkan umur: 179 dari 457 peserta berusia 29 s/d 39 tahun (39,2%)
  • Pencapaian peserta yang terdaftar lebih banyak 34,4% dari target peserta sebanyak 300 orang.
  • 97,9% : kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung
  • 81,9% : peserta merasa bahwa penyelenggaraan Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung sangat bermanfaat
  • 68,1% : ketertarikan peserta jika acara serupa diadakan kembali
  • 80,8% : kepuasan peserta terhadap materi pembabaran Dharma

Laporan Keuangan

  • Posisi Keuangan

Pemasukan : Rp 453.252.409

Pengeluaran : Rp 51.587.885

Surplus dana : Rp 401.664.524

*Catatan : Kelebihan dana pada acara Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung akan digunakan kembali untuk upaya-upaya pelestarian dan penyebarluasan buku Dharma, pembangunan Biara Indonesia Tuṣita Vivaraṇācaraṇa Vijayāśraya, kebutuhan Sangha dan Dharma Center (MAH), serta berbagai aktivitas bajik lainnya.

  • Sumber Pemasukan

Donasi perorangan oleh 781 donatur Rp 453.252.409 (termasuk dana untuk Puja Naga)

  • Pengeluaran Acara

– Offering : Rp 20.945.204

– Fangshen : Rp 1.628.000

– Zoom Pro : Rp 1.022.781

– Suvenir donatur : Rp 9.002.400

– Ongkos kirim suvenir donatur : Rp 3.128.525

– Kebutuhan teknis acara : Rp 3.129.975

– Dana Sangha : Rp 12.500.000

– Pengiriman suvenir & offering Malang – Bandung : Rp 231.000

Total : Rp 51.587.885

Ucapan Terima Kasih

Pertama-tama, seluruh panitia Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung menghaturkan hormat dan syukur kepada Tiga Permata. Berkat berkah dan bimbingan dari Tiga Permata, para Guru, khususnya Y.M. Biksu Bhadra Ruci dan Y.M. Drepung Tripa Khenzur Rinpoche, acara ini dapat diselenggarakan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Selanjutnya, kami ingin mengucapkan terima kasih dan turut bermudita kepada para donatur dan peserta yang telah meluangkan waktu serta berkontribusi dalam penyelenggaraan acara ini. Semoga seluruh dukungan dalam bentuk apapun dapat berbuah menjadi karma bajik dan dapat dirasakan manfaatnya.

Semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan batin dan praktik spiritual. Semoga acara-acara serupa di masa mendatang akan terus dapat memenuhi tujuan bajik dan lebih baik lagi. Semoga semua makhluk di seluruh penjuru dunia mendapatkan manfaat dan semoga kebahagiaan terus menyertai mereka, serta kepada semua pihak yang mendukung dan berpartisipasi dalam acara Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung kami doakan semoga selalu dalam perlindungan Triratna sehingga selalu berbahagia, sehat, dan sejahtera.

Lampiran 1: Testimoni dari Peserta

Shierlen Octavia (Mahasiswa S2 Profesi Psikologi & Konselor Pendidikan di Ruangguru)

“Bersyukur banget kemarin bisa ikutan retret akhir tahunnya KCI”.

Banyak belajar dan diingatkan kembali soal betapa pentingnya buat terus semangat dalam berlatih mempraktikkan poin-poin Lamrim di tahun 2021 ini oleh Rinpoche. Selain belajar lagi soal karma, aku juga belajar banyak hal baru tentang Empat Segel Dharma. Walaupun tahun kemarin kita harus terpisah jarak, tapi adanya puja bersama kemarin membuat aku jadi merasa gak sendirian dalam menghadapi tahun baru dan senang karena bisa bikin kebajikan bareng-bareng lagi 😁

Makasih buat para panitia yang sudah mempersiapkan acaranya dengan sangat baik sehingga biarpun acaranya daring, tetap kondusif buatku ikutan acaranya ❤

Rayno

Ceramah dari Khenzur Rinpoche sangat dalam dan bagus, mengajarkan topik tentang penderitaan dan cara untuk mengatasi penderitaan. Akar dari sgala sebab penderitaan/klesha adalah ketidaktahuan tentang ketiadaan inti yang kekal dan independent dalam segala hal. Hanya pengetahuan ttg ketiadaan inti segala hal yang bisa menghilangkan ketidaktahuan tersebut . Saya suka dgn contoh yang dipakai Rinpoche,  sound system dan meja hanyalah  label nama yang diberikan pada perpaduan bagian2 sound system dan meja. Tidak dapat ditemukan inti sound system yang nyata yang independent, terpisah dri bagian2 sound system. Begitu juga dengan aku yg hanyalah label nama dri kumpulan skandha, begitu juga dengan segala hal lain. Mengetahui hal ini, penderitaan bisa diakhiri.

Lampiran 2 : Foto-Foto Selama Acara

7. Penutup

Terima kasih telah turut berkontribusi dalam penyelenggaraan acara Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung. Semoga rangkaian kegiatan ini dapat menjadi dapat menjadi angin yang melenyapkan awan pandangan salah dan pelita yang menerangi gelapnya batin semua makhluk.

Semoga semua makhluk di seluruh penjuru alam semesta mendapatkan manfaat dan semoga kebahagiaan selalu ada di dalam diri mereka. Dan semoga semua pihak yang mendukung dan berpartisipasi dalam acara Kebajikan dalam Untaian Doa Bagi yang Beruntung selalu bahagia, sehat, sejahtera, serta selalu mendapatkan perlindungan dari Buddha, Dharma, dan Sangha.